Ikan Arwana

Bookmark and Share

Guys adakah di antara  kalain yang ada yang tidak kenal dengan ikan satu ini, gak mungkin ya, okey kali ini kita ngembahas salah satu ikan cantik dan mahal pastinya yaitu ikan ARWANA... ehm...

Mungkin ikan ini sering kalian jumpai di rumah-rumah dengan aquarium ukuran besar. Atau mungkin bokap atau kakek kalian juga memelihara nie ikan... wah keren dah... Nah, apa kalian tahu ikan arwana yang kalian jumpai atau yang kalian pelihara itu jenis apa? 

gue kenalin ni ama jenis-jenis ikan arwana...

  • Arwana Super Red 

Arwana satu ini berasal dari negara kita sob, Indonesia. Tepatnya di pulai Kalimantan Barat. Arwana jenis ini terbagi lagi menjadi beberapa varietas berdasarkan warna, yaitu merah darah (blood red), merah cabe(chili red), dan merah orange (orange red)
untuk mendapatkan warna yang lebih bagus biasa nya para pehobi ikan arwana menggunakan trik-trik mempercepat perkembangan warna, seperti pemberian pakan yang bagus dan letak aquarium terkena sinar matahari. Arwana Super Red adalah arwana kebanggan Indonesia guys, keanggungan dan warnannya membuat ikan ini sangat digemari.

  •  Arwana Cross Black Golden

Arwana jenis ini berasal dari negara tetangga kita guys, Malaysia. Khususnya di daerak Perak, Johor, Bukit Merah dan Trengganu. Warna emas yang dimiliki arwana varietas ini cenderung lebih terang/mengkilap. Golden cross back sedikit susah untuk di dapatkan, sehingga harganya pun lebih mahal dari varietas lainnya seperti Super Red.

  • Arwana Red Tail Golden

Arwana Red Tail Golden adalah salah satu varietas golden yang berasal dari Indonesia, lebih tepatnya Riau-Sumatera. jenis ini mempunyai sifat yang lebih agresif dari saudaranya Cross Black Golden. Seperti saudaranya arwana ini juga memiliki banyak ragam warna seperti Green base, gold base dan blue base. 

  • Arwana Hijau (Arwana Pino)

Arwana jenis ini tidak mempunyai Ring seperti jenis Cross Tail Golden,Super Red maupun Red tail Golden. Arwana Hijau mempunyai keindahan sendiri yang tidak dimiliki saudara-saudaranya. Arwana jenis ini bisa kita temukan di Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand dan Myanmar.

  • Arwana Banjar Red

Arwana jenis ini memiliki ciri dan khasnya sendiri. Warna sisiknya memiliki wara dasar kehijauan dan membentuk seperi tapal kuda dan sedikit merah muda di usia dewasa. setelah ukuran nya mencapai 15-20 cm ekonya akan berubah menjadi orange.

  • Arwana Jardini (Arwana Irian)

Dari nama jenis nya saja kita sudah bisa menyimpulkan asal jenis arwana satu ini, ikan satu ini memang sering terlihat di perairan pulau irian tapi lebih umumnya Arwana jenis ini berasal dari Australia. Warna yang dimiliki Arwana ini cukup unik. Warna Dasarnya hitam kecoklatan dengan bintik-bintik kuning keemasan. Arwana Jardini terbagi menjadi Dua jenis warna yaitu scleropages jardini dan scleropages leichharti.

  • Arwana Silver (Arwana Brazil)

Arwana satu ini mempunyai bentuk tubuh yang berbeda. Bentuk tubuhnya panjang dan sirip yang panjang pula. Dari bagian tengah sampai ujung ekornya memberi kesan yang sangat Anggun ketika berenang. Arwana ini dapat tumbuh panjang sampai 50-60 cm. Arwana jenis ini berasal dari negara samba yaitu Brazil, Amerika Selatan.

  • Arwana Black Silver

Arwana jenis ini juga berasal dari Amerika Selatan dan memiliki bentuk tubuh yang sama dengan dengan saudaranya silver arwana, namun pada bagian sirip sampai ekor memiliki warna hitam. Konon warna hitam tersebut lambat laun akan memudar saat arwana mulai dewasa. Unik bukan...


  • Arwana Afrika

Seperti namanya, jenis arwana ini hanya ditemukan di Afrika. Bentuk tubuhnya hampir menyerupai silver arwana, namun bentuk kepala kecil.


Tips dan Triks

  • Sesuaikan ukuran aquarium dengan ikan Arwana, semakin besar aquarium akan semakin bagus.
  • Jauhkan tempat aquarium dari lalu lalang atau kegiatan. Agar Arwana terhindar dari strees.
  • Cek temperatur aquarium, biasanya 26-30 derajat celcius.
  • Untuk Takaran air juga harus diperhatikan guys, sekitar 6-8,5 ph. jika kurang kalian bisa menambahkan kapur ke dalam air.
  • Untuk pakan Arwana kalian bisa memberikan Jangkrik, katak kecil, lipan, dan hewan kecil lainnya, jika ukurannya 35 cm ke atas hendak nya memberikan pakan 2x sehari. 

Gambar untuk ikan Arwana