Lovebird

Bookmark and Share
Hai Guys artikel kali ini gue akan membahas tentang Lovebird, lovebird adalah salah satu dari sembilan spesies genus Agaponis. Mereka adalah burung beo kecil. Tujuh spesies asli benua Afrika, sementara Lovebird kepala hijau adalah asli  Madagaskar. Nama mereka berasal dari ikatan yang kuat Bayan , Lovebirds hidup dalam kawanan kecil dan makan buah, sayuran, dan biji rumput.

Beberapa spesies dijadikan sebagai hewan peliharaan, dan beberapa warna yang selektif dibesarkan di aviculture. Jangka hidup mereka rata-rata adalah 10 sampai 15 tahun.

Lovebird mempunyai panjang 13-17 cm, dan beratnya mencapai 40-60 gram. Mereka adalah salah satu Beo Terkecil. Lovebird mempunyai ciri-ciri bertubuh gempal, ekor pendek, dan paruh yang besar tajam.

Harga burung Lovebird bervariasi berkisar harga antara Rp.200 ribu - jutaan tergantung dari jenis, bulunya, dan suara yang dikeluarkan sang burung.

jenis-jenis Lovebirds:
  1. Lovebird kepala abu-abu / lovebird madagaskar (Agapornis cana)
  2. Lovebird “muka merah” (Agapornis pullaria)
  3. Lovebird “sayap hitam” /lovebird abisinia (Agapornis taranta).
  4. Lovebird “kerah hitam” (Agapornis swinderniana)  
  5. Lovebird “muka salem” (Agapornis roseicollis)
  6. Lovebird kaca mata fischer (Agapornis fischeri)
  7. Lovebird kaca mata topeng (Agapornis personata)
  8. Lovebird kacamata nyasa (Agapornis lilianae)
  9. Lovebird kacamata pipi hitam (Agapornis nigrigenis)
Untuk membedakan lovebird jantan dan lovebird betina gampang gampang susah guys....
Menurut buku yang saya baca kita bisa melihatnya dari bentuk tubuh burung tersebut, jika tubuh burung tersebut agak besar dan lebih gempal biasa nya itu adalah burung betina. Atau kita juga bisa melihat dari ekornya untuk burung yang mempunyai ekor runcing biasanya itu adalah burung jantan.


Tips dan trik memelihara Lovebird:
 
Lovebird sebaiknya ditempatkan di sangkar yang terbuat dari logam, berbentuk bulat atau kota. Untuk sangkar bulat, diameter antara 30-40 cm, sedangkan kotak ukuran 25 x 35 x 40 cm dengan diberi tangkringan berdiameter 1 cm dari kayu kasar tetapi tidak runcing, seperti kayu asam misalnya. Tangkringan dari kayu akan sering perlu diganti karena lovebird suka mengigit-gigit tangkringan. Untuk referensi logam yang digunakan untuk kandang lovebird, pilih yang tidak beracun.

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam hal pakan adalah menu yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D.

"Yang termasuk mineral yang diperlukan burung lovebird adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium. "

Gambar untuk Lovebird





 


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }