Ikan Lou Han

Bookmark and Share

Setelah membahas ikan hias arwana kali ini kita membahas tetangganya yaitu ikan Lou han. salah satu ikan hias terkenal yang amat di gemari pehobi ikan hias, nama latin ikan ini adalah Flowerhorn Cichlid. Ikan ini terkenal karena warna sisiknya yang indah dan yang paling khas yaitu benjolan di atas kepalanya. bukan habis kejeduk loh. hahaha...

Ikan lou han sejatinya berasal dari negara Malaysia dan Taiwan, Namun untuk saat ini sudah banyak di pelihara oleh penggemar ikan di seluruh dunia.

Untuk perawatan ikan ini harus di letakkan pada suhu 80-85 derajat Farenheit dak ph kurang dari 7,4-8,0. ikan ini membutuhkan tangki minimal 20-30 galon.

Tips dan trik

1.Akuarium
Volume akuarium tergantung ukuran, ikan louhan kecil 5 - 7,5 cm bisa menggunakan akuarium 20x30 cm². Ikan besar, 10-15 cm memerlukan akuarium lebih besar, 40x60 cm².  Louhan berukuran di atas 25 cm gunakan akuarium 60x120 cm². Agar Louhan berukuran 40 cm dapat bergerak bebas, akuarium yang dapat digunakan yakni ukuran 80x166 - 180 cm².

2. Pengisian Air
LouHan hidup baik pada suhu cukup hangat, 80-85 derajat farenheit. Air dingin dapat menyebabkan nafsu makan ikan kurang dan pertumbuhannya lambat.   

3. Pemberian Makanan
Cacing rambut, blood worm, udang tawar, dan cacing tanah adalah pakan terbaik. Untuk pemberian pelet dibiasakan sejak kecil.  

4. Perawatan
Bersihkan kotoran ikan yang ada di dalam akuarium selama 2-3 hari sekali untuk menjaga kesegaran air. Agar dinding tidak berlumut, dapat memelihara ikan Sapu-sapu, dengan ikan satu ini, ikan Louhan "segan" sehingga tidak menjahilinya.

5. Peralatan
Peralatan yang dibutuhkan dalam perawatan Louhan tidak jauh berbeda dengan ikan lain, diantaranya:

  •     Aerator, untuk memasok oksigen / menciptakan gelembung
  •     Filter, untuk menyaring kotoran dan memasok okigen
  •    Selang penyedot air, digunakan untuk mengganti air dalam akuarium
  •     Batu apung, untuk membersihkan kaca, kain lap dan lain-lain.
Gambar Untuk Ikan Lou Han











{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }